Laman

Perhatian :
Jika gamabar - gambar dibawah ini tidak muncul segera Benerin jam di komputeer anda mungkin jam anda ngaco karna time dikomputer juga ikut mempengaruhi internet, di sekitar start bar disebelah pojok kanan ada yang menunjukan waktu silahkan di ganti dengan waktu yang sekarang atau me refresh halaman ini terimakasih .. (faisal arkan)
Powered By Blogger

Minggu, 24 April 2011

Tips Mengisi LJK

Kurang lebih 10 - 25 % proses pelaksanaan UN mengalami error proses karena terdapat kesalahan atau kerusakan pada LJK. Hal ini otomatis akan menghambat proses pemeriksaan LJK karena LJK harus diedit terlebih dahulu. Akhirnya penampilan tes menjadi terlambat. kasus ini sering menjadi sebagai akibat kesalahan dalam pengisian LJK oleh peserta itu sendiri.



Atau bisa juga karna peserta mendapatkan LJK yang rusak (mis produk). hal ini tentunya akan sangat merugikan peserta itu sendiri. Oleh karna itu bagi anda yang akan mengisi LJK harus cermat dan teliti. 

1. Gunakan Pensil 2B
Sebenarnya sensor Opscan dapt membaca pensil hb hingga 6B. namun demikian, setiap program tentunya memiliki setandar pemakaiyan. Standar yang dipakai disini adalah pensil2B kehitaman dan kepadatan pensil 2B itulah yang digunakan. 
 
-Bagaimana jika bila memakai pensil selain 2B ?

-Bila memakai pensil HB, kualitas pensil terlalu keras, sehingga akan sulit mengarsir LJK dan ini akan menyebabkan kadar kepekatan dan kehitaman kurang tebal. dan apabila terlalu ditekan akan menyebabkan LJK akan berlubang. 

-Bila memakai pensil 6B, disamping terlalu lunak nanti pada saat kita akan menebalkan LJK Akan terlalu tebal kadar kepekatanya sehingga jika terjadi kesalahan akan susah menghapusnya dan akan mengotori jawaban lain. hal ini mengakibatkan muncul dua jawaban. Ingat jawaban yang lebih dari satu akan dianggap sala.

2. Jika LJK terlipat atau kumal ?
Karena sensor OpScan sangat tipis dan sangat sensitif maka LJK yang terlipat atau kumal Haruslah diganti karna sangat mudah tersangkut pada OpScan dan terjepit. halini mennyebabkan berhentinya OpScan dan akan Merugikan kamu sendiri.

3. Pengisian nama peserta dan nomor peserta ! 
Kalian Haruslah Sangat berhati-hati dalam mengisi kedua hal tersebut karna sesungguhnya jika kalian salah mengisi kedua hal tersebut akan percumah semua usaha kalian dalam dalam mengisi jawaban karna identitas itu sangatlah penting. jika kalian salah dalam mengisi identitas Habislah anda .... karna nanti akan di samakan data yang dikirim sekolah dengan data yang ditulis oleh kalian di LJK di Pusat jika tidak sama LJK yang Anda isi akan di anggap salah dan nilai anda Nol ......

4. Melingkari jawaban Pada LJK 
Pada saat Mengasir bulatan pada LJK usahakan penuh satu lingkaran dan kehitaman 2B itulah yang dibutuhkan pokoknya jangan sampai Kurang dari lingkaran Harus penuh. Jika melebihi lingkaran "jangan dihiraukan biarkan saja Asal jangan menyentuh lingkaran lainya.
Ingat kepekatan/kehitaman Yang harus diutamakan. meskipun kamu memakai pensiasil 2B tapi tidak Pekat dan hitam hal ini akan menyebabkan jawaban yang anda hitamkan tidak terbaca.     

5. Cara menghapus yang benar
Penghapusan sebenarnya DILARANG ! HINDARI PENGHAPUSAN BERULANG-ULANG !. oleh karna itu pastikan jawaban yang kamu hitamkan itu sudah benar. jika terjadi kesalahan hapuslah dengan bersih dengan satu arah yaitu kebawah dan keatas. penghapusan yang kurang bersiah akan berpengaruh pada LJK yang akan merugikan Kamu sendiri






1 komentar: